Kamis, 02 Februari 2017

Selesaikan Apa Yang Telah Kita Mulai

Bismillah..

Hidup adalah sebuah perjalanan yang dititipkan oleh Yang Maha Pencipta sebagai bentuk nikmat dan karunia yang luar biasa yang mampu kita rasakan. Maka dari itu, sudah sewajarnya rasa syukur hadir dalam diri kita lantaran Yang Maha Kuasa telah mengizinkan kita menorehkan kehidupan di dunia yang penuh dengan fatamorgana ini.


Seiring berjalannya kehidupan, banyak sekali makhluk bernyawa (Baca : Manusia) yang berlomba-lomba mengejar suatu gelar yang biasa kita sebut dengan kesuksesan. Anehnya, banyak orang yang ingin mencicipi kesuksesan namun sedikit sekali dari mereka yang mau berjuang mengejar kesuksesan itu. Kebanyakan dari mereka ingin meraih kesuksesan dengan cara yang mudah dan sederhana tanpa ada yang namanya perjuangan dan pengorbanan.

Orang yang bermimpi meraih kesuksesan tapi tidak diiringi dengan perjuangan dan pengorbanan, maka selamanya mimpi itu hanya sekedar mimpi dan tak akan pernah menjadi wujud yang nyata selamanya. Karena sejatinya kesuksesan itu adalah buah dari yang namanya perjuangan. Maka sudah jadi hal yang lumrah jika kesuksesan itu selalu dikaitkan dengan yang namanya perjuangan.

Banyak orang yang mengatakan bahwa sukses bisa diraih dengan bermodalkan uang tanpa perlu berjuang. Dengan menolak pernyataan tersebut saya bisa katakan bahwa kesuksesan yang dibeli dengan uang tidaklah senikmat kesuksesan yang didapatkan dari hasil perjuangan.

Lantas apa yang membuat banyak orang tak mau menempuh kesuksesan melalui jalan perjuangan ? Dan kenapa banyak orang yang berhenti di tengah jalan dalam berjuang meraih kesuksesan ?

Jawabannya hanyalah kesabaran dan keberanian untuk mencoba. Ketika ingin meraih kesuksesan, seseorang harus punya tekad yang kuat yang harus benar-benar tertanam dalam diri dan senantiasa menjadi motivasi. Dengan tekad yang kuat ini akan menentang segala hal-hal negatif yang berusaha mempengaruhi diri agar berhenti untuk berjuang.

Ketika tekad ini telah benar-benar tertanam dalam diri, maka mulailah perjuangan dengan hal-hal yang sederhana. Hal yang paling sederhana adalah meninggalkan zona nyaman. Kebanyakan orang tidak meraih kesuksesannya karena tidak ada keberaniannya untuk meninggalkan zona nyamannya.

Ketidakberanian seseorang meninggalkan zona nyamannya artinya orang tersebut telah gagal melewati langkah awal yang begitu sederhana. Ketakutannya untuk memulai sesuatu yang tidak biasa mereka lakukan akan menjadi penghambat utama dalam meraih kesuksesan.

Namun sebaliknya, ketika seseorang telah mampu meninggalkan zona nyamannya. Maka dia akan memasuki rentetan perjuangan yang selanjutnya, perjalanan panjang dari perjuangan ini tak menutup kemungkinan seseorang untuk bertemu dengan yang namanya kegagalan.

Banyak orang yang tak sampai meraih kesuksesannya karena menghentikan perjuangannya di tengah jalan ketika menjumpai kegagalan. Walau terkadang kesuksesan itu tinggal selangkah berada tepat dihadapannya.

Maka perlulah setiap orang mempunyai prinsip untuk menyelesaikan segala sesuatu dari setiap apa yang telah dia mulai. Ketika jalan yang kau tempuh menemui kegagalan, banyak jalan lain yang bisa kau gunakan untuk menghindari kegagalan tersebut.

Sebuah kisah inspiratif dari buku "Mundur Selangkah Melesat 1000 Langkah"
Seekor lalat yang berusaha keluar dari jendela yang tertutup hanya melakukan satu cara untuk keluar, cara yang ia lakukan adalah terus menerus menabrak jendela tersebut dan berpikir bahwa dengan menabrak jendela itu maka jendelanya akan bisa ditembus. Namun sebuah kenyataan lain terjadi, walaupun melakukan cara itu dengan berulang-ulang dia tak mampu menembus jendelanya, bahkan pada akhirnya dia mati.

Pelajarannya :
Jika sekiranya lalat itu berfikir, banyak alternatif lain yang bisa ia lakukan. Sama dengan judul buku yang diatas bahwa mulailah untuk mundur terlebih dahulu, lihatlah peluang-peluang ataupun jalan lain yang mampu kau coba, bisa saja lalat tersebut mundur terlebih dahulu lalu naik ke atas jendela yang mana biasanya setiap atas jendela selalu ada lubang, jika sekiranya lalat mau mencoba hal ini tentu dia tidak akan mati dan mampu keluar melalui lubang tersebut. Tapi fakta berkata lain, bahwasanya lalat ini berfikir bodoh karna dia hanya melakukan satu tindakan yang sejatinya tidak akan membuat dia keluar dari jendela tersebut.

Sama halnya dengan kita, jika hari ini kita gagal maka selamanya kita akan gagal jika kita tidak melakukan perubahan. Hanya melakukan hal-hal yang sama seperti sebelum kita gagal, padahal masih banyak alternatif lain yang dapat kita lakukan.

Siapapun yang hari ini mempunyai mimpi untuk meraih kesuksesan, maka perlulah ia menorehkan perjuangan. Walau terkadang kelelahan menghamipiri, kesedihan menghantui tapi ingatlah bahwa lelah dan sedih itu manusiawi maka usaha jangan pernah berhenti dan kesabaran jangan pernah dikurangi.

Silahkan terjatuh dan terperosok sedalam mungkin, karena bisa jadi memang saat itulah keadaan terbaikmu. Tapi jangan berdiam diri dan membiarkan keadaanmu begitu saja. Bangkit lagi, berdiri lagi, tersenyum lagi. Kakimu Allah yang ciptakan, tidak akan mampu berdiam diri jika bukan Allah yang izinkan berhenti.

"Selesaikanlah Apa Yang Telah Kita Mulai". Ketika kita telah memulai sesuatu maka sebuah kewajiban bagi kita untuk menyelesaikannya, menyerah ketika gagal bukanlah sebuah solusi terbaik. Namun bangkit setelah gagal adalah hal yang lebih baik.

Never Give Up !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar